Sabtu, 07 September 2013






A. Defragment Defragment ialah utility tools yang cara kerja nya menata ulang atau mengurutkan file file atau data pada harddisk berdasarkan jenis file atau data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read atau write. Kita dapat mengibaratkannya proses defragment seperti kegiatan menaruh buku baru di perpustakaan. Kita harus menaruh buku baru tersebut sesuai jenis bacaannya dan urutan edisi nya, jadi buku tersebut dapat dengan mudah dicari untuk dibaca. Sehingga kinerja komputer kita lebih cepat dan ringan.


B. Clean-up Clean-up ialah utility tools yang cara kerja nya membersihkan file file yang sudah tidak berguna lagi (seperti cookies, temporary file, web history, dll). Proses Clean-up harus dilakukan karena file file tersebut memakan memori pada harddisk kita. Jangan takut proses clean-up akan menghilangkan data data penting dari harddisk kita, karena proses ini hanya membersihkan atau menghapus data data yang tidak dibutuhkan lagi seperti sampah.
Dua tools utility ini sangat bermanfaat sekali bagi komputer kita sebaiknya kita melakukan defragment atau clean-up dilakukan 2x dalam sebulan untuk mencegah penumpukan file-file. Sebaiknya pada saat akan melakukan defrag atau clean-up usahakan Sesudah memakain PC atau sebelum mematikan PC agar proses pembersihan berjalan dengan baik dan lancar.


0 komentar:

Posting Komentar