Kamis, 31 Oktober 2013



kunci1. Privacy/Confidentiality adalah usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses. Privacy (kerahasiaan) lebih kearah data-data yang sifatnya private,Sedangkan confidentiality (rasa aman) biasanya berhu-bungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu tetapi tetap dijaga penyebarannya (misalnya sebagai bagian dari pendaftaran sebuah service). 
     2. Integrity
Aspek ini menekankan bahwa informasi tidak boleh diubah tanpa seizin pemilik informasi. Informasi yang diterima harus sesuai dan sama persis seperti saat informasi di kirimkan. Jika terdapat perbedaan antara informasi atau data yang dikirimkan dengan yang diterima maka aspek integrity tidak tercapai. Adanya virus, trojan horse, atau pemakai lain yang mengubah informasi tanpa izin merupakan salah satu contoh masalah yang harus dihadapi.

3. Authentication
Aspek ini berhubungan dengan metode atau cara yang menyatakan bahwa informasi tersebut betul-betul asli, orang yang mengakses atau memberikan informasi adalah betul-betul orang yang dimaksud, atau server yang kita hubungi adalah betul-betul server asli. Biasanya metode yang kita kenal untuk terkoneksi kepada server guna mendapatkan layanan adalah metode password dimana dikirimkannya suatu karakter dari user kepada server dan server mengenali karakter tersebut berdasarkan policy yang ada.

 4. Availability
Aspek ini berhubungan dengan ketersediaan data dan informasi. Data dan informasi yang berada dalam suatu sistem komputer tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh orang yang berhak. Aspek ini berhubungan dengan ketersediaan data ketika dibutuhkan.




5. Access Control
Aspek ini berhubungan dengan policy atau aturan yang ada pada suatu jaringan komputer. Intinya ada suatu mekanisme yang mengatur siapa saja yang boleh melakukan aktivitas didalam jaringan tersebut. Hal ini biasanya berhubungan dengan klasifikasi data (public, private, confidential, top secret) dan user (guest, admin, dll) Mekanisme Authentication dan juga privacy. Access control seringkali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user id/password atau dengan menggunakan mekanisme lain (seperti kartu).



0 komentar:

Posting Komentar